Data Indonesia Capital Market Directory (ICMD)

Data ICMD umumnya digunakan oleh banyak mahasiswa. Mahasiswa /mahasiswi yang menggunakan data ICMD adalah mereka yang telah mengambil konsentrasi kuliah pada manajemen keuangan. Apabila objek dari penelitian mereka adalah perusahaan publik, maka penggunaan dari data ICMD tersebut siap untuk diolah. Pada Saat ini Mahasiswa telah dapat memperoleh data ICMD pada Pojok BEJ di masing-masing kampus mereka. Namun, adakalanya kampus tersebut tidak menyediakan pojok BEJ dikarenakan kurangnya fasilitas kampus tersebut, solusinya adalah anda bisa mengunjungi universitas-universitas yang menyediakannya.



Alternatif lain anda dapat mencarinya di google yang telah menyediakan Data ICMD dalam bentuk CD ICMD Compilation (2000 sampai 2009). Data ICMD dalam CD tersebut memuat beberapa Klasifikasi :


  1. Bidang Usaha (data 2009)
  2. Alamat Lengkap (data 2009) 
  3. Sejarah Singkat (data 2009)
  4. Pemegang Saham (data 2000-2008)
  5. Direksi dan Komisaris (data 2000-2008)
  6. Jumlah Karyawan (data 2000-2008)
  7. Ringkasan Laporan Keuangan (data 1997-2008) 
  8. Rasio dan Pertumbuhan Indikator Kinerja (data 1998-2008).


Jika Anda hanya menginkan DATA ICMD dari tahun [2003-2005] juga BETA Koreksi Manufaktur Tahun [2003 – 2005] anda dapat menemukannya dengan mudah di beberapa domain yang menyediakannya. 

Dengan data ICMD kita dapat memperoses data keungan untuk mengetahui informasi penting untuk mengambil keputusan keuangan. 

Ada banyak judul yang dapat anda pilih jika Anda memiliki konsentrasi Manajemen Keuangan. Salah satu judul yang sering dipilih saat penulisan skripsi untuk manajemen keuangan yaitu mengenai pengambilan keputusan. Perusahaan memiliki tujuan yang bisa di gapai melalui penerapan fungsi manajemen keuangan dengan sangat hati-hati serta tepat, dengan pertimbangan setiap keputusan keuangan yang akan diambil tentunya juga mempengaruhi keputusan keuangan lainnya sehingga dapat berakibat terhadap nilai dari perusahaan. 

Keputusan-keputusan oleh pihak manajemen didasarkan pada tiga hal: 

1. Berapa jumlah yang dapat dikonsumsi pada setiap periode "keputusan konsumsi"
2. Bagaimana kelebihan dari pendapatan perusahaan yang akan diinvestasikan (keputusan investasi)
3. Bagaimana membiayai terhadap konsumsi / investasi (keputusan pendanaan). 

Dengan memgkombinasikan ketiga hal dasar diatas dalam manajemen keuangan perusahaan maka jika digunakan dengan tepat maka akan memberikan keuntungan yang besar terhadap pemegang saham dan memberikan kemakmuran terhadap perusahaan. Olehkarenanya penting untuk menerapkan 3 dasar dalam pengambilan keputusan oleh pihak manajemen keuangan. 

No comments:

Post a Comment

Kumpulan Contoh - Contoh Advertisement, Judul Skripsi, Jurnal, Karya Tulis Ilmiah, Laporan, Latar Belakang, Makalah, Naskah, Pidato, Proposal, Soal, Surat Undangan dan Wawancara.