Kemampuan yang Harus Dimiliki Seorang Programmer

Kemampuan yang Harus Dimiliki Seorang Programmer


Programmer adalah salah satu profesi yang paling dihindari para laki – laki. Mengapa? Ya karena biasanya para programmer itu adalah laki – laki yang workaholic alias maniak kerja. 
Sedangkan laki – laki yang doyan kerja jumlahnya sangat sedikit. Mayoritas laki – laki lebih suka hiking, berolahraga, atau bermain bola ketimbang berdiam diri di depan komputer.
Belum lagi menjadi seorang programmer adalah hal yang tidak mudah. Perjuangan untuk mempelajari keahlian programming sangatlah besar. Tidak sembarangan orang bisa menguasai dunia programming. Banyak sekali orang yang tumbang di tengah perjalanan dikarenakan tidak kuat dengan berbagai logika dan hitungan yang luar biasa rumit.
Bagi anda yang merasa memiliki kemampuan otak alias IQ lebih pasti cocok bekerja di bidang ini. Nah, pada postingan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang apa saja yang harus dikuasai seseorang untuk menjadi seorang programmer.
1. Disiplin
Mempelajari bahasa pemrograman tidaklah mudah. Anda harus sering – sering berlatih agar bisa menguasai bahasa tersebut. Belum lagi ketika memasuki dunia kerja anda dituntut bekerja dengan sangat cepat. Dengan kata lain, anda haruslah menjadi orang yang disiplin berlatih agar mampu bersaing di dunia kerja nantinya.
2. Logika Tinggi
Disamping disiplin anda juga harus memiliki logika yang tinggi. Handa harus mampu berhitung dengan cepat dan harus mempu berfikir cepat. Inilah dia kunci menjadi seorang programmer handal.
3. Kreativitas
Terkadang ketika menjadi seorang programmer anda dituntut untuk mendesain software sekaligus membuat programnya sendirian. Itu artinya anda haruslah memiliki kreativitas yang tinggi agar software anda bernilai tinggi.
4. Bahasa Pemrograman
Nah, jika anda sudah menguasai ketiga poin diatas, saatnya anda mempelajari bahasa pemrograman. Jika anda ingin membuat program yang berjalan di atas sistem operasi windows, maka saya sarankan pelajarilah visual basic .NET. Namun jika anda ingin membuat program untuk gadget semacam smartphone, maka bahasa pemrograman java merupakan pilihan yang tepat. Sebenarnya masih banyak lagi bahasa pemrograman yang bisa anda pelajari seperti bahasa C, Delphi, netBeans, dan bahasa – bahasa pemrograman yang lainnya. Jika ada waktu saya akan menuliskan artikelnya.
5. Sabar
Sebuah program tidak akan lengkap tanpa database. Anda tahu bagaimana cara membuat database? Jika ada waktu saya akan jelaskan pada anda apa itu database dan bagaimana cara membuatnya. Pokoknya ketika anda mengenal database, anda dituntut harus ekstra sabar.
Baiklah saya rasa cukup sekian saja penjelasan saya mengenai kemampuan apa saja yang dibutuhkan seorang programmer. Semoga bermanfaat bagi anda yang berminat meniti karir di dunia TI dan menjadi seorang programmer. Salam!

Syarat Menjadi Programmer Handal


menjadi programmer handalMenjadi programmer handal pastinya impian setiap orang yang menggeluti dunia IT. Syarat menjadi programmer handal tidaklah mudah karena ada beberapa hal atau kriteria yang harus dikuasai. Jadi, sebelum memutuskan terjun total di bidang programming atau coding ada baiknya kita bertanya pada diri sendiri apakah sudah memiliki kriteria yang mencukupi sebagai syarat menjadi programmer handal. Hal ini penting karena perkembangan teknologi informasi IT atau teknik informatika semakin hari semakin berkembang yang menuntut totalitas kita terutama bidang IT programmer.
Apakah syarat menjadi programmer handal itu? Baiklah, berikut kita akan bahas hal atau kriteria apa saja yang dibutuhkan.
  1. Logika dan Imajinasi. Seorang programmer handal harus memiliki kemampuan untuk memecahkan suatu masalah tidak saja dengan satu jawaban tapi bisa lebih dari satu. Di sini pentingnya logika dan imajinasi untuk mencari cara penyelesaian berbeda namun mendapat hasil yang baik. Untuk ini kita harus memiliki dasar menghitung atau matematika yang kuat.
  2. Penasaran dan Tidak Gampang Menyerah. Pada dasarnya programmer akan selalu dihadapkan pada persoalan yang kompleks untuk menyelesaikan bahasa pemrogramman untuk menghasilkan output maksimal. Demikian kompleksnya persoalan yang harus dipecahkan menuntut konsistensi kita untuk tidak putus asa dan selalu ingin tahu.
  3. Rajin, Tekun dan Ulet. Belajar bahasa pemrograman tidaklah mudah karena begitu banyak macam bahasa pemrograman yang perlu dikuasi belum lagi dihadapkan pada kasus kasus tertentu yang mengharuskan seorang programmer memeras otak menciptakan suatu aplikasi terbaru dan lain daripada yang lain. Bahasa pemrograman tersebut antara lain HTML, PHP, Java, Python, ASP, C++ dan masih banyak lagi.
  4. Mencintai Pemrograman. Jika sudah cinta sesuatu atau seseorang, apapun pasti akan kita lakukan, bukan? Nah, sama halnya dengan menjadi programmer, kalau sudah cinta kita akan sukarela dan tidak merasa terpaksa mempelajari kerumitan yang ada pada bahasa pemrograman.
Intinya, untuk bisa menjadi programmer yang handal harus membutuhkan waktu yang cukup lama dan keahlian ini tidak bisa dikuasai seseorang dalam waktu yang singkat. Ketekunan dan kesukaan merupakan kunci dan syarat menjadi programmer handal.

Hal yang harus dikuasai IT

13 Keahlian IT Paling Dicari di 2011

Tak diragukan teknologi telah merambah sangat jauh ke dalam kehidupan manusia, hampir disetiap kegiatan kita mendapat campur tangan dari “makhluk” yang bernama teknologi ini. Demikian pula bidang pekerjaan, tidak sedikit ahli-ahli bidang IT yang diperlukan. Apa saja kemampuan yang wajib kamu milikisupaya mampu bersaing dalam kancah IT tahun depan, berikut ini merupakan 13 kemampuan bidang IT paling dicari tahun 2011 yang dikutip dari Computer World berikut ini.
1. Programming & Application Development
Supaya mampu bertahan di pasar yang demikian dinamis, perusahaan butuh bermanuver dengan cepat serta memanfaatkan IT untuk menumbuhkan bisnisnya melalui produk dan inovasi baru. Di sinilah kemampuan untuk mengembangkan pemrograman dan aplikasi dibutuhkan. Terbukti dari perusahaan yang mulai menaikan upah dibidang ini, yang berarti mereka mencari kemampuan yang lebih di area tersebut untuk kepentingannya.
2. Project Management
Perusahaan IT butuh orang-orang kompeten untuk menjalankan proyek yang mampir di perusahaan mereka. Orang-orang yang kompeten tersebut harus memiliki kemampuan yang tinggi agar tidak ketinggalan dengan teknologi serta mampu memimpin sebuah tim dalam upaya mengerjakan tugas yang mereka emban.

3. Help Desk/Technical Support
Perkembangan IT untuk mendukung bisnis perusahaan sangatlah cepat, supaya tidak tertinggal mereka harus menciptakan terobosan atau inovasi baru. Sehingga kemampuan dari para pekerja harus selalu ditingkatkan. Di sinilah keberadaan seorang help desk atau technical support dibutuhkan. Ini bisa jadi salah satu alasan mengapa peran seorang help desk/technical support sangat banyak dicari.
4. Networking
Networking atau jaringan jelas merupakan perangkat wajib di perusahaan. Dengan keberadaannya, perusahaan dapat meningkatkan kinerja serta efisiensi. Karena perannya sangat vital, maka perusahaan membutuhkan tenaga di bidang networking yang memadai untuk menjembatani aktivitas perusahaan.
5. Security
Sekuriti merupakan satu-satunya bidang keahlian bersertifikat IT yang tidak pernah mengalami kuartal begatif selama masa resesi. Tingginya permintaan untuk kemampuan yang satu ini didorong oleh kebutuhan untuk memenuhi regulasi dan banyaknya konsumen yang meminta tools dengan fitur-fitur security built-in. Kemampuan security yang layak disimak termasuk keahlian dalam manajemen identitas dan akses, penilaian ancaman dan kerentanan, enkripsi, menghindari kehilangan data, analisa insiden, audit, biometrik, penyaringan konten web, keamaan sistem voice-over-IP, dan dukungan e-discovery untuk proses pengadilan.
6. Data Center
Storage alias ruang penyimpanan menjadi semakin penting seiring beralihnya kita ke network-attach storage (dan storage area-network). Mengapa hal ini penting? Karena orang yang bergelut dibidang storage harus mampu berfikir strategis, apakah kita telah menempatkan hal yang benar di tempat yang benar, dan mengeluarkan dana yang tepat untuk urusan maintenance, back-up data dan keamanan.
7. Web 2.0
Seiring dengan berkembangnya web-base application serta makin tingginya fungsionalitas perangkat mobile, maka dibutuhkan juga kemampuan web yang mumpuni. Sebut saja keahlian di bidang Adobe Flex, JavaScript, Adobe Flash, AJAX, dan JavaScript Object Notation.
8. Telekomunikasi
Setiap perusahaan pasti mendambakan kemudahan berkomunikasi untuk mendukung kinerja perusahaan, komunikasi yang efisien namun efktif sangat dibutuhkan. Sehingga dibutuhkan orang yang mampu mendesain infrastruktur dan mengintegrasikan berbagai tool komunikasi, termasuk instant messaging, telepon IP dan remote access.
9. Bussiness Intelegence
Data yang terus bertambah banyak dan departemen IT yang harus mencari cara untuk turut berkontribusi terhadap keuntungan perusahaan membuat kemampuan bussiness intelegence menjadi kebutuhan penting. Staff pada perusahaan harus dapat menginput data dengan sangat baik serta dapat mempresentasikan data tersebut menjadi informasi yang berguna.
10. Collaboration Architecture
Hampir setiap perusahaan memiliki kolaborasi dengan satu atau lebih perusahaan lain. Oleh karena itu perusahaan mencari cara untuk membantu menignkatkan pengalaman end-user dengan memahami bagaimana hal-hal seperti portal, web, dan audio dapat berintegrasi supaya dapat memiliki berkolaborasi yang lebih baik antar perusahaan. Meskipun sebagian tool kolaborasi telah tersedia dari operator, namun perusahaan tetap memerlukan pegawai yang dapat mengelola vendor-vendor tersebut dan memahami teknologi.
11. Ketajaman Bisnis & Komunikasi
Kemampuan ini tidak akan menjadi profesi yang spesifik, tetapi banyak perusahaan yang mencari staff IT yang mengerti bisnis dan dapat mengkomunikasikan konsep teknis kepada unit-unit bisnis dan pelanggan, serta mampu bicara tentang masalah IT kepada orang-orang yang tidak mengerti komputer.
12. Analisa Data
Data merupakan “barang berharga” disetiap perusahaan, berkembangnya jumlah data merupakan suatu hal yang tidak bisa dihindarkan. Permintaan staff IT dibidang ini sangat tinggi. Mereka membutuhkan pekerja dengan kemampuan yang tidak hanya menganalisa jumlah data yang memusingkan, namun juga bekerja dengan unit-unit bisnis untuk mendefinisikan data apa saja yang dibutuhkan dan pengelolaannya.
13. Memahami Resiko
Komplesitas IT yang terus berkembang akan berjibaku dengan proses bisnis yang dinamis, sehingga dibutuhkan pekerja IT dengan keahlian manajemen resiko untuk memprediksikan dan bereaksi terhadap tantangan-tantangan bisnis.

sumber: iyozdamnation.wordpress.com
Thanks for your comment